spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tambah 2 Kecamatan, Kukar Bakal Jadi 20 PPK

TENGGARONG – Dua kecamatan baru di Kutai Kartanegara (Kukar) yang sudah disahkan, yakni Kecamatan Kota Bangun Darat dan Samboja Barat oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2020 lalu. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda pemerintahan tingkat kecamatan disana mulai berjalan.

Padahal sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, tepatnya pada Februari 2024. Diantaranya bakal ada penambahan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sebanyak 2 PPK. Menjadi 20 PPK, dimana pada terakhir ada sebanyak 18 PPK di Kukar. Dengan masing-masing beranggotakan 5 anggota, sehingga akan bertambah 10 anggota PPK. Jika memang dua kecamatan baru ini sudah ditetapkan untuk menjalankan pemerintahan tingkat kecamatan.

“Kalau (jumlah) TPS tidak ada perubahan, cuma penyelenggara ditingkat PPK berubah,” ujar Komisioner KPU Kukar, Nofand Surya Gafillah pada mediakaltim.com, Ahad (14/8/2022).

Termasuk jumlah Daerah Pemilihan (Dapil), dua kecamatan ini nantinya akan tetap bergabung dengan dapil kecamatan sebelum dimekarkan. Seperti Kota Bangun Darat yang masih satu dapil dengan Kota Bangun. Sementara Samboja Barat masih satu dapil dengan Samboja.

Baca Juga:   Abdulloh: Maksimalkan Serapan Anggaran Perubahan

“Tapi ini (masih) simulasi ya, tetap menunggu kepastian dapil yang tahapannya dimulai pada bulan Oktober 2022 sampai dengan Februari 2023,” beber Nofand.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, kini memasuki tahap penetapan Peraturan Bupati (Perbup) terkait kewenangannya. Sunggono pun memastikan jika menjadi kecamatan baru saat pemilu mendatang. “Akhir tahun ini mudahan sempat selesai semuanya,” ujar Sunggono.

Ia meminta semua pihak agar bersabar, karena memang terus berproses. Ketika waktunya tiba, maka akan segera melantik pejabat yang akan menduduki sebagai camatnya. Terlebih masalah administrasi dan sarana prasarana pemerintahan yang sudah siap 100 persen.

“Permasalahannya clear, tinggal pelaksanaan administrasi dan pelaksanaan pemerintahan disana,” tutup Sunggono.

Diketahui, Kecamatan Kota Bangun Darat akan diisi sembilan desa. Yakni Desa Benua Baru, Kedang Ipil, Kota Bangun I, Kota Bangun II, Kota Bangun III (Sarinadi), Sedulang, Suka Bumi, Sumber Sari, dan Wonosari.

Sementara Kecamatan Samboja Barat akan diisi Kelurahan Bukit Merdeka, Sungai Merdeka, Karya Merdeka, Amborawang Darat, Argosari, Salok Api Darat, Salok Api Laut, dan Desa Tani Bakti. (afi/mk

Baca Juga:   Jalan Sehat Keliling Kampung Cara Warga Desa Sesulu Meriahkan HUT RI
Komisioner KPU Kukar, Nofand Surya Gafillah. (Istimewa)

)

BERITA POPULER