spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meningkat, Jumlah Pemudik Lebaran 2024 di Terminal Tipe A Samarinda Seberang Capai 5.440 Orang

SAMARINDA – Arus balik Lebaran tahun 2024 diperkirakan selesai pada hari ini, Senin (15/4/2024). Sejak 5 April 2024 lalu, Terminal Tipe A Samarinda Seberang telah melayani kepadatan pemudik tujuan Samarinda – Banjarmasin dan sebaliknya. Data yang Media Kaltim peroleh dari petugas terminal, tercatat total ada 5.440 pemudik di tahun ini.

Dengan begitu, diperkirakan sejak 5 April 2024 lalu, rerata pemudik per harinya ada di angka 300 pemudik. Sebelumnya Terminal Tipe A Samarinda Seberang telah menambah armada bus dari 50 armada menjadi 60 armada untuk menghadapi mudik lebaran. Dengan rerata tersebut armada yang disediakan dapat berjalan dengan maksimal.

“Untuk puncak arus mudik tahun ini ada di tanggal 7 April dengan 606 pemudik yang berangkat. Sedangkan kedatangan puncaknya di tanggal 6 April dengan 259 pemudik,” sebut petugas Terminal Tipe A Samarinda Seberang.

Memang setelah Media Kaltim telusuri, data peningkatan jumlah pemudik terdapat di tanggal 6-7 April 2024. Sedangkan di tanggal 10 April tidak ada armada yang berangkat di hari H lebaran. Begitupun pada tanggal 11 April tidak ada kedatangan dari Banjarmasin.

Baca Juga:   Sambut IKN, Pelatihan Juru Ukur Digelar Pemkot Samarinda

Uraian mengenai keberangkatan pemudik, sekiranya 3.805 pemudik tercatat melakukan pemberangkatan dari tanggal 5 – 15 April 2024. Kemudian untuk kedatangan sekiranya ada 1.635 dari jumlah total di tanggal yang sama.

Ini menjadi satu indikasi peningkatan pemudik di jalur Samarinda menuju Banjarmasin. Sebelumnya petugas Terminal menyatakan adanya peningkatan dari tahun kemarin. Sebab menurutnya, tahun lalu rerata pemudik tidak sampai 300 pemudik per-harinya.

“Tahun ini jelas lebih ramai dari tahun kemarin. Dari angkanya saja sudah jauh apalagi dengan reratanya,” lanjutnya.

Untuk jam keberangkatan dan kedatangannya sendiri tidak menentu, namun dari data terlihat keberangkatan di jam 9 – 5 sore. Lalu untuk kedatangan di jam 6 – 10 malam.

Pewarta : Khoirul Umam
Editor : Nicha R

BERITA POPULER