spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Kaltim Masyarakat Minta Masyarakat Bersabar Menunggu Hasil Rekaptulasi Suara

SAMARINDA – Dalam proses demokrasi yang berlangsung, Komisioner KPU Kalimantan Timur, Mukhasan Ajib, menghimbau masyarakat untuk menunjukkan kesabaran seiring dengan berlanjutnya rekapitulasi suara Pemilu. Meski hasil awal sudah tersedia online, ia menegaskan bahwa angka-angka tersebut belum final dan dapat berubah.

Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) digunakan oleh KPU Kaltim untuk mempermudah pengiriman data suara dari TPS. Akan tetapi, tantangan teknis seperti masalah dalam penginputan data telah teridentifikasi, khususnya di TPS Balikpapan.

Mukhasan menekankan pentingnya keakuratan data yang diunggah ke Sirekap, yang bergantung pada kualitas dokumen plano yang discan. Kesalahan manusia dalam penulisan bisa berdampak pada integritas data tersebut.

Dia mengajak masyarakat untuk menunggu hasil rekapitulasi manual yang dilakukan oleh PPK dan Panwaslu, yang akan menentukan pemenang pemilu secara resmi. “Jangan terburu-buru menanggapi hasil sementara dari Sirekap yang bisa menimbulkan kesalahpahaman,” ujar Mukhasan.

Pewarta :Hanafi

Editor : Andi Desky

Baca Juga:   Lebih Dari Setengah Kursi DPRD Kaltim Akan Diduduki Pendatang Baru

BERITA POPULER