spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Golkar Juara, Siapa Ketua DPRD Kaltim Selanjutnya

Calon Potensial Ketua DPRD Kaltim 2024-2029

SAMARINDA – Ketua DPD I Golkar Kaltim Rudy Mas’ud, belum membeberkan siapa yang akan memimpin DPRD Kaltim periode 2024-2029. Ia menyatakan bahwa penentuan pucuk tertinggi “Karang Paci” merupakan hak preogratif DPP Golkar.

Sebagaimana diketahui dari hasil pleno KPU Kaltim Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Golkar menduduki posisi pertama dengan meraup suara 538.147 suara. Dengan demikian partai berlogo beringin tersebut akan meraih 15 dari 55 kursi di Karang Paci. Sehingga Golkar kembali berhak menempatkan caleg terpilihnya untuk menjadi ketua DPRD Kaltim.

DPD I Golkar Kaltim, sebut Rudy hanya berhak memberikan rekomendasi yang terlebih dahulu dilakukan melalui mekanisme pembobotan. Ada beberapa indikator yang disebutnya yakni prestadi, dedikasi, loyalitas dan tanpa celah (PDLT). Terkait kapan mekanisme pembobotan dan kapan rekemendasi akan diserahkan, Rudy belum membeberkan waktu pelaksanaannya.

“Ketua DPRD (Kaltim) hak preogratif DPP. Kami hanya memberikan rekomendasi, ada namanya mekanisme pembobotan,” jelasnya menjawab pertanyaan pewarta Media Kaltim beberapa waktu lalu.

Baca Juga:   6 OPD Belum Lelang Dikebut Selesai Februari

Rudy pun menyatakan bahwa raihan suara setiap caleg yang lolos dalam Pileg 2024, tentu menjadi penilaian tersendiri untuk DPD Golkar Kaltim untuk menjadi rekomendasi ke DPP.

“Jam terbang dan raihan suara tentu menjadi nilai tambah. Yang punya prestasi dan prestise (bergengsi) untuk Kaltim,” ucapnya di hadapan sejumlah awak media.

Bila menengok hasil hitung suara Anggota DPRD Kaltim dalam Pileg 2024, ada 3 nama caleg yang mendulang suara terbanyak di masing-masing dapilnya. Mereka semestinya berpotensi besar menjadi Ketua DPRD Kaltim, mengingat prestasi pada Pemilu 2024 dan rekam jejaknya.

Yang pertama adalah Abdullah dengan 48.180 suara. Pria ini merupakan salah satu kader senior Golkar, yang masih menjabat sebagai Ketua DPRD Balikpapan periode 2019-2024.

Kemudian ada Hasanduddin Mas’ud yang tak lain merupakan kakak kandung dari Rudy Mas’ud. Hasan merupakan petahana sekaligus Ketua DPRD Kaltim saat ini yang memastikan kembali terpilih di Pileg 2024 dengan 42.885 suara.

Yang ketiga adalah Syarifatul Syadiyah dengan 28.497 suara pada Pileg 2024. Ia merupakan Wakil Ketua DPRD Berau yang kabarnya juga dberi mandat DPP Golkar untuk maju dalam Pemilahan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.(eky)

Baca Juga:   Berakhir Damai, Kasus Video Mesum Pelajar Balikpapan

BERITA POPULER