spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BKD Kaltim Berikan Peluang Ribuan Honorer menjadi ASN 2024

SAMARINDA – Analis Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Muda Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Reza Febrianto, mengungkapkan bahwa BKD Kaltim bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VIII Banjarbaru mengadakan simulasi computer assisted test (CAT) BKN.

Simulasi CAT BKN dijadwalkan berlangsung pada 10-11 Juli 2024 di Samarinda. Antusiasme para pegawai non-ASN terlihat dari pendaftaran yang langsung memenuhi kuota 1.000 peserta hanya dalam dua hari pembukaan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan para pegawai non- Aparat Sipil Negara (ASN) atau pegawai honor di lingkungan Pemerintah  untuk menghadapi ujian seleksi. “Simulasi ini juga sebagai tes uji kesiapan mereka untuk mengikuti seleksi  ASN PPPK,” ujar Reza.

BKD Kaltim juga mengusulkan 9.456 formasi untuk ASN yang terbagi kedalam PPPK dan CPNS di tahun 2024, yang telah disetujui oleh Menpan-RB.

Dari jumlah tersebut, 261 formasi dialokasikan untuk CPNS, sedangkan sisanya untuk PPPK. Rincian alokasi formasi terdiri dari 5.291 formasi teknis, 2.469 formasi guru, dan 1.255 formasi kesehatan.

Baca Juga:   Disiapkan Rp 375 Miliar, Yuk Daftar Beasiswa Kaltim Cemerlang

Saat ini, jumlah pegawai honorer di lingkungan Pemprov Kaltim mencapai 7.808 orang, sehingga diharapkan seluruh pegawai non-ASN dapat diupayakan menjadi ASN. “BKD Kaltim berharap dari  formasi ini juga  dapat membantu mengatasi kekurangan guru dan tenaga kesehatan di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal di Kaltim,” tandas Reza.

Penulis : Hanafi
Editor : Nicha R

BERITA POPULER